Asmaul Husna

ASMAUL HUSNA

Dalam kitab suci Al-Qur’an terdapat sembilan puluh sembilan nama kebesaran Allah SWT. yang disebut Asmaul Husna artinya nama-nama yang terbaik dan agung, sesuai dengan keagungan dan kebesaran Allah SWT. dan hanya Dialah yang memilikinya.

Asmaul Husna yang akan dibahas dalam buku ini adalah As-Salam (Yang Menyelamatkan), Al-Aziz (Yang Maha Gagah Perkasa), Al-Khaliq (Yang Maha Pencipta), Al-Ghaffar (Yang Maha Pengampun), Al-Wahhab (Yang Maha Pemberi), Al-Fattah (Yang Maha Pembuka Rahmat), Al-‘Adl (Yang Maha Adil), Al-Qayyum (Yang Bersendiri) dan Al-Hadi (Yang Memberi Petunjuk) dan As-Shabuur (Yang Maha Sabar).

Sebagai seorang mukmin dianjurkan menghafal dan menghayati makna serta maksud yang terkandung dalam Asmaul Husna, serta menyebutnya dalam setiap berdo’a. Firman Allah SWT. dalam  surat Al-A’raf:

ولله الاسمآء الحسنى فادعوه بها وذرواالذين يلحدون في اسـمآئه سيجزوماكانوايعملون.

Artinya : “Dan Allah SWT. mempunyai Asmaul-Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asma’ul-Husna itu, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyebut  nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka telah kerjakan”.   ( Al-A’raf : 180)

 

Nabi Muhammad saw. bersabda :

ان لله تسع وتسعين اسما أومائه الاواحدامن أحصاهادخل الـجـنة انه وتروحب الوتر

Artinya :  “Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, yaitu seratus kurang satu, barang siapa yang menghapalkannya maka masuk  surga. Sesungguhnya Ia adalah tunggal dan menyukai bilangan yang ganjil”. (HR. Al-Baihaqi)

Apabila memperhatikan arti dan penjelasan dari Asmaul Husna diatas, baik dalam Al-Qur’an maupun hadits Rasulullah ditegaskan bahwa nama-nama Allah itu dapat menumbuhkan keyakinan yang membawa keteguhan dan ketenangan jiwa dalam menghadapi kesulitan dan gelombang hidup.

Allah SWT. yang menciptakan alam semesta yang mempunyai nama-nama yang paling baik, ditegaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr :

هوالخالق البارئ المصورله الاسماء الحسن يسبح له مافى السموات والارض وهوالعزيز الحكيم

Artinya : “Dialah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, yang mempunyai nama-nama yang paling baik. Bertasbihlah kepada-Nya segala yang ada dilangit dan dibumi. Dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana:. (Al-Hasyr : 24)

Lafadz Asmaul Husna..Saksikan video berikut ini

Tinggalkan komentar